Latte Art, Lukisan di Atas Kopi
Jumat, 03 Mei 2013 - 10:53 WIB > Dibaca 1601 kali Print | Komentar
Latte Art, Lukisan di Atas Kopi
Model: Citra Helen Patras Purba Fakultas Pertanian Unri. Foto: Ecye Lousiana/Xpresi Riau pos
Berita Terkait



Meskipun hitam tapi  
banyak yang suka
Bersama  teman teman ku menikmatimu
Hu la la la kopimu kopiku...
Hu la la la join join kopi


Tau dong lirik lagu di atas siapa yang nyanyikan sobeX? Itu sedikit potongan lirik band Blackout yang ceritanya doyan banget sama kopi. Kira-kira sobeX ada yang doyan kopi juga nggak? Pastinya ada dong. Dulunya kopi itu favorit untuk membuang rasa kantuk dan menjadi menu wajib Sistem Kebut Semalam (SKS) untuk sobeX yang mau ujian nanti. Sekarang kopi tidak hanya untuk dinikmati, bisa juga jadi pengganti kanvas untuk melukis. Nah loh, kok bisa ya? Bisa lah, namanya juga anak-anak kreatif  sob.

Melukis diatas permukaan air kopi itu dikenal sekarang ini dengan Latte Art . Itu adalah  metode menyajikan kopi dengan lukisan cantik diatasnya yang menggunakan susu steam sehingga menghasilkan pola atau desain tertentu. Biasanya nih, kopi latte disajikan secara proposional yakni menyajikan lebih banyak susu steam daripada kopinya. Dengan demikian, kopi latte mengandung lebih banyak susu dibandingkan kopi-kopi lainnya sehingga kopi latte lebih lembut dan susunya lebih terasa gitu deh.

Hm, Kira-kira sobeX tau nggak kenapa cuma diterapin di kopi jenis latte? Karena dalam teknik melukis di atas kopi biasanya diterapkan pada kopi jenis latte yang punya perbandingan susu dan foam yang paling pas untuk latte art. Nah kalau susu dan foamnya sudah pas, mudah untuk melukis di permukaan kopi.

Dengan latte art ini, sobeX juga bisa menuangkan isi hati dan pikiran kita atau lebih pada fungsi buat seru-seruan dan curcol.  Tapi jangan terlalu seru ya sobeX, nanti kopinya jadi tumpah lagi. Kira-kira gimana ya pendapat salah satu sobeX kita tentang seru-seruan lewat Latte art ini. ‘’Sebenernya sih nggak terlalu suka minum kopi. Tapi kalau kopinya udah dilukis jadi menarik buat diminum apalagi kalo lukisannya tu lucu, hehe,’’ujar Erni Mulyati cewek manis mahasiswi POLTEKKES Riau.

Dalam melakukan metode latte art caranya harus dapat feel-nya dulu baru bisa mulai menggambar dengan mudah dan sepenuh hati. Mau gambar boneka, bulan, hewan, bunga, atau wajah pacara sobeX sendiri itu terserah, yang penting happy. Intinya selain mendapatkan nikmat kopi-nya, sobeX juga dapet kenikmatan lukisan di atas kopi yang bakal diminum.

‘’Emang belum pernah sih minum kopi yang udah dilukis. Tapi kayaknya seru diminum dengan bentuk lucu gitu walaupun sebenernya nggak suka kopi,’’ kata Audilla cewek manis yang lagi kuliah di Universitas Riau ini.  

Setelah banyak dapat info tentang latte art di atas, sobeX sekalian tertarik nggak ya? Bisa dijamin sobeX pada tertarik dong buat mencoba minum latte art ini. Atau ada yang ingin belajar gimana caranya melukis di atas kopi? Pastinya bakal jadi pengalaman seru. Bayangkan saja, dirumah kita sajikan kopi untuk tamu dengan lukisan selamat menikmati diatas kopinya, menarik bukan. (mg5cs/eko)

KOMENTAR
Berita Update
Pembakar Lahan TNTN Ditangkap

Pembakar Lahan TNTN Ditangkap
Minggu, 23 September 2018 - 19:52 wib
Catatan Teater Riau
Kembalinya sang Primadona
Minggu, 23 September 2018 - 19:48 wib

Disdik Tempati Gedung Eks SMK Teknologi
Minggu, 23 September 2018 - 19:47 wib
Alamaaak!
Ditabrak Emak-Emak
Minggu, 23 September 2018 - 19:46 wib
Warga Resah dengan Kandungannya
Anggur Murah Laris Manis Terjual
Minggu, 23 September 2018 - 19:40 wib
Minta Jembatani GP Ansor-UAS
PWNU Riau Sambangi LAMR
Minta Jembatani GP Ansor-UAS
Minggu, 23 September 2018 - 17:50 wib
2.000 IKM Tak Terdaftar

2.000 IKM Tak Terdaftar
Minggu, 23 September 2018 - 15:00 wib
Pemotor Kecelakaan Beruntun
Akibat Oli Tumpah
Pemotor Kecelakaan Beruntun
Minggu, 23 September 2018 - 14:48 wib
Polisi Gadungan Ditangkap

Polisi Gadungan Ditangkap
Minggu, 23 September 2018 - 14:34 wib
Cari Berita
Pesona Indonesia Terbaru
Sederhana nanMemikat Dunia

Jumat, 29 Juni 2018 - 11:34 WIB

Manisnya Pesona Air Terjun Panisan

Minggu, 22 April 2018 - 11:43 WIB

Sagang Online
loading...
Follow Us